Minggu , Mei 27 2018
Home / Kuningan Sehat / Bimbing Usia Lanjut dalam Memelihara dan Meningkatkan Kesehatan, PosKesDes Nanggela Rutin Adakan Posbindu

Bimbing Usia Lanjut dalam Memelihara dan Meningkatkan Kesehatan, PosKesDes Nanggela Rutin Adakan Posbindu

Posbindu adalah pusat bimbingan pelayanan kesehatan yang dikelola dan diselenggarakan untuk dan oleh masyarakat dengan dukungan teknis dari petugas kesehatan dalam rangka pencapai masyarakat yang sehat dan sejahtera

Posbindu adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan terhadap Lansia di tingkat desa dalam masing-masing di wilayah kerja Puskesmas. Posbindu juga merupakan wadah kegiatan berbasis masyarakat untuk bersama-sama masyarakat menghimpun seluruh kekuatan dan kemampuan masyarakat untuk melaksanakan, memberikan serta memperoleh informasi dan pelayanan sesuai kebutuhan dalam upaya peningkatan status gizi masyarakat secara umum.

Dari beberapa penjelasan di atas, Program Posbindu sangatlah penting untuk peningkatan ketaatan lansia dalam menjaga kesehatannya. Ketaatan lansia untuk menggunakan sarana kesehatan atau mengikuti program kesehatan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : pengetahuan, sikap, persepsi, perilaku dalam bentuk praktik yang sudah nyata berupa perbuatan terhadap situasi atau rangsangan dari luar (kepercayaan) dan keterjangkauan sarana pelayanan kesehatan. Secara umum perilaku kesehatan seseorang mencakup perilaku terhadap sakit dan penyakit, perilaku terhadap sistem pelayanan kesehatan, maupun perilaku terhadap program kesehatan.

Posbindu ini merupakan bentuk pendekatan pelayanan proaktif bagi usia lanjut untuk mendukung peningkatan kualitas hidup dan kemandirian usia lanjut, yang mengutamakan aspek promotif dan preventif, di samping aspek kuratif dan rehabilitatif. Posbindu mempunyai manfaat :
a) Memberikan semangat hidup kepada usia lanjut,
b) Memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada usia lanjut,
c) Memberikan keringanan biaya pelayanan kesehatan bagi usia lanjut dari keluarga miskin atau tidak mampu,
d) Memberikan dukungan atau bimbingan pada usia lanjut dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya agar tetap sehat dan mandiri.

Mengingat besarnya manfaat program Posbindu khususnya bagi Lansia, PosKesDes Nanggela Kecamatan Mandirancan yang termasuk ke dalam wilayah kerja Puskesmas Mandirancan, rutin mengadakan program Posbindu bagi Lansia.

“Rutinitas ini diharapkan mampu membimbing Usia Lanjut dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya” demikian penjelasan Bidan Sofi, A.MD Keb selaku Bidan Desa Nanggela kepada Klikkuningan.

Check Also

Senangnya Lihat Kekompakan Ibu-Ibu Hebat Puskesmas Mandirancan

Hari ini (22/12) adalah Peringatan Hari Ibu, Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *