Jumat , Februari 23 2018
Home / Pendidikan / Ekskul Futsal MI Pembangunan, Bermain Sambil Melatih Karakter Anak

Ekskul Futsal MI Pembangunan, Bermain Sambil Melatih Karakter Anak

Pendidikan karakter merupakan substansi penting yang tidak bisa dipisahkan dalam proses belajar-mengajar di sekolah. Dalam prakteknya, ada banyak cara kreatif yang bisa digunakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak. Salah satunya adalah lewat futsal.
Futsal adalah sebuah cabang olahraga yang mirip dengan sepakbola. Hanya, futsal dimainkan di lapangan yang berukuran lebih kecil daripada lapangan sepakbola. Itu sebabnya, futsal disebut juga sepakbola mini. Dalam sejarahnya, futsal diciptakan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay, pada tahun 1930. Tidak dalam waktu yang begitu lama, futsal semakin dikenal, khususnya di Brasil. Bahkan, seorang legenda sepakbola asal Brasil, yaitu Pele, mengasah bakat bermain bolanya lewat futsal.
MI Pembangunan Mandirancan, sebagai sekolah unggulan di wilayah Kuningan pada umumnya dan Mandirancan khususunya menyadari betul manfaat bermain futsal buat anak-anak, baik dari sisi olahraga, kesehatan dan pendidikan karakter untuk anak-anak MI Pembangunan.
Keuntungan yang didapat dengan berlatih futsal bukan hanya kemampuan bermain bola yang baik, tetapi juga mendidik mereka dalam hal karakter. Lewat olah raga futsal, dapat belajar kualitas-kualitas karakter seperti Team Work, Obedience, Self Control, Respect, Discipline dan Enthusiasm. Kualitas-kualitas karakter tersebut sangat berguna bagi anak untuk mencapai kesuksesan dalam segala bidang kehidupannya. Semakin sering anak menerapkan kualitas-kualitas karakter tersebut dalam hidupnya, semakin besar pula tingkat kesuksesan yang akan mereka raih dalam hidupnya. Oleh sebab itu, sekolah perlu memasukkan olah raga futsal dalam kurikulum intrakurikuler maupun ekstrakurikulernya.

Check Also

RS Hermina Adakan Field Trip di Pager Gunung Camp Site

Field trip atau Karyawisata ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *