Jumat , Juni 22 2018
Home / Pendidikan / Dibutuhkan Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Dibutuhkan Kerjasama Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Guru dan orang tua pada hakekatnya memiliki tujuan yang sama dalam pendidikan anak, yaitu mendidik, membimbing, membina serta memimpin anaknya menjadi orang dewasa serta dapat memperoleh kebahagiaan hidupnya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Seorang guru akan senang melihat siswanya, ketika siswanya tersebut memiliki prestasi. Dan demikian pula orang tua akan lebih senang lagi bahkan bangga ketika anaknya memiliki prestasi. Karena itu guru dan orang tua memiliki tujuan yang sama dalam mendidik.

Pendidikan adalah proses kerja tim yang meliputi guru, orang-orang di sekitar anak (teman, keluarga, dll), dan Anda sebagai orang tua. Guru adalah partner Anda dalam mendidik anak. Ia bukanlah faktor tunggal yang menentukan keberhasilan pendidikan anak Anda. Jadi, jangan enggan untuk mencampuri proses pendidikan anak dengan dalih, “Itu, kan, tugasnya guru di sekolah.”

Untunglah, saat ini, sudah semakin banyak sekolah yang paham bahwa keberhasilan pendidikan anak juga memerlukan kerjasama dari orang tua, sehingga pihak sekolah ‘menciptakan’ banyak kesempatan bagi orang tua agar bisa terlibat dalam proses belajar mengajar anak.
Untuk dapat mewujudkan harapan tersebut, tentunya harus ada kerjasama yang baik antara guru dan orang tua. Kerja sama yang baik antara guru dan orangtua sangat penting karena dua pihak inilah yang setiap hari berhadapan langsung dengan siswa. Jika kerja sama antara guru dan orang tua kurang, maka pendidikan tidak akan berjalan dengan baik bahkan pendidikan yang direncanakan tersebut tidak akan berhasil dengan baik. Kerjasama antara orang tua dan guru akan mendorong siswa untuk senantiasa melaksanakan tugasnya sebagai pelajar, yakni belajar dengan tekun dan bersemangat.

Check Also

RS Hermina Adakan Field Trip di Pager Gunung Camp Site

Field trip atau Karyawisata ialah cara mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *