Jumat , Februari 23 2018
Home / Sosok / Mang Dede, Ki Lengser dari Desa Wisata Cibuntu

Mang Dede, Ki Lengser dari Desa Wisata Cibuntu

Dalam upacara pernikahan adat Sunda, sering digunakan acara penyambutan Pengantin (Mapag Panganten). Dalam acara tersebut, Ki Lengser jadi tokoh utama untuk menyambut besan dari pengantin pria karena umumnya pengantin pria lah yang mendatangi wanita dalam sebuah upacara pernikahan. Ki Lengser kadang tidak sendirian, ia dibantu Si Nini dan barisan penari pria dan wanita.

Aki Lengser atau Ki Lengser adalah salah satu budaya kesenian masyarakat Sunda yang hingga kini masih dilestarikan. Kehadiran Ki Lengser biasanya akan menjadi sosok yang menarik perhatian tamu undangan.
Cibuntu, sebagai Desa Wisata di Kabupaten Kuningan yang telah banyak mendapatkan penghargaan baik di tingkat Kabupaten, Nasional maupun Internasional, tentunya sudah banyak mendapatkan Kunjungan tamu-tamu dari manapun.
Desa Wisata Cibuntu selalu menyambut tamunya yang datang dengan berbagai atraksi seni dan budaya dan salah satunya adalah dengan sosok Ki Lengser ini untuk menyambut dan mengantar tamu-tamu yang berkunjung ke Desa Wisata Cibuntu
Dialah Mang Dede, sosok yang selalu memerankan diri menjadi Ki Lengser dalam upacara penyambutan tamu. Jiwa seni yang sangat kental pada dirinya, membuat tamu-tamu sangat senang disambut oleh Dede ‘Lengser’ ini
Adanya Ki Lengser dalam setiap penyambutan tamu, membuktikan bahwa desa Wisata Cibuntu adalah desa yang selalu menjaga dan menjunjung seni budaya lokal, disamping tentunya didukung dengan keindahan alam desa cibuntu dan keramahan penduduknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *