Senin , April 23 2018
Home / Kuningan Sehat / Dinas Kesehatan Kuningan Lakukan Sosialisasi PIS-PK di Puskesmas Mandirancan

Dinas Kesehatan Kuningan Lakukan Sosialisasi PIS-PK di Puskesmas Mandirancan

Sebagai program lanjutan dari Program Kunjungan Puskesmas, Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) merupakan program yang diselenggarakan oleh KEMENKES RI untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, serta sadar akan pentingnya kesehatan. Program ini diharapkan juga mampu menyiasati permasalahan akses ke pelayanan kesehatan yang masih sulit dijangkau di beberapa tempat.

Dalam rangka melakukan sosialisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Kamis(18-01-2018) melakukan sosialisasi bertempat di Aula Puskesmas Mandirancan. Sebagai Nara Sumber dari Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Kuningan adalah dr Hj. Dessy Sutanti, selaku Ka Sie Pelayanan Kesehatan, Perijinan dan Rujukan dan Mamit, S.ST selaku Penyuluh Kesehatan Masyarakat.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Puskesmas Mandirancan ini dihadiri hampir semua pegawai di Puskesmas mandirancan baik Tenaga Kesehatan (dokter, bidan, perawat, ahli gizi) maupun tenaga non kesehatan (tata usaha, promkes, staff). Para pegawai yang hadir nampak antusias memperhatikan dan mendengarkan paparan yang dilakukan oleh kedua Nara Sumber.

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) ini nantinya akan diawali dengan pendataan seluruh keluarga menggunakan formulir profil kesehatan keluarga (PROKESGA) dan paket Informasi kesehatan keluarga (PINKESGA). Data tersebut selanjutnya digunakan untuk penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di tingkat puskesmas. Dalam pelaksanaannya keluarga akan dibina oleh kader atau pertugas kesehatan dari puskesmas melalui penyuluhan dan kegiatan lainnya.

Semoga Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di wilayah kabupaten Kuningan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Check Also

Kegiatan Donor Darah Rutin di Desa Mancagar Kecamatan Garawangi

Puluhan warga masyarakat Desa Mancagar Kecamatan Garawangi, Senin (11/12/2017) secara sukarela mendonorkan darahnya. Kegiatan donor ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *