Jumat , Juni 22 2018
Home / Kuningan Headline / Belajar Mengenal Sosiologi Pedesaan, Siswa Semi Palar Bandung Kunjungi Nanggela

Belajar Mengenal Sosiologi Pedesaan, Siswa Semi Palar Bandung Kunjungi Nanggela

Menurut T. Lynn Smith dan Paul E. Zapt Menguraikan bahwa sosiologi pedesaan adalah kumpulan pengetahuan yang telah disistematisasi yang dihasilkan lewat penerapan metode ilmiah ke dalam studi tentang masyarakat pedesaan, struktur organisasinya, proses-prosesnya, sistem sosialnya yang pokok dan perubahan-perubahannya.
Atas dasar hal tersebut, Siswa-Siswa KPB Semi Palar Bandung mulai hari ini (02-02-2018) sampai dua minggu ke depan akan melakukan studi dan kunjungan ke beberapa desa di wilayah kabupaten Kuningan.
Untuk hari pertama ini, siswa-siswa KPB Semi Palar melakukan kunjungan ke Desa Nanggela Kec Mandirancan. Mereka akan belajar sosiologi pedesaan masyarakat desa Nanggela, salah satu desa perbatasan di wilayah Kuningan Utara
“KPB Semi Palar adalah program pendidikan non-formal setara jenjang SMA. Kenapa setara, karena diperuntukkan bagi siswa-siswi yang sudah menuntaskan jenjang SMP. Non formal karena program belajar KPB tidak mengacu ke kurikulum nasional jenjang SMA” Pak Leo, salah satu guru yang mendampingi para siswa menjelaskan sedikit tentang KPB Semi Palar.
“Fokus pembelajaran di KPB adalah memberikan pengalaman belajar bagi para muridnya dengan belajar langsung di masyarakat. KPB bekerja sama dengan berbagai komunitas agar para pembelajar bisa secara langsung melebur dan mengambil pembelajaran dalam berbagai situasi dan dinamika masyarakat” Lanjut Pak Leo
KPB Semi Palar berpijak pada Konsep Pembelajaran Holistik Semi Palar yang membangun keutuhan individu manusia. Di KPB, secara sederhana ini diterjemahkan kepada pembelajaran untuk Tangan, Hati dan Kepala.
Semi Palar menawarkan sebuah kesempatan pendidikan di mana keluarga yang satu visi dengan Semi Palar dapat menempatkan anak-anaknya untuk bertumbuh kembang secara utuh melalui proses pendidikan yang difasilitasi bersama-sama oleh guru di sekolah dan orang tua di rumah.
Selama di desa Nanggela, siswa-siswa akan belajar tentang kehidupan sosial, kegiatan masyarakat, seni dan budaya, kesehatan dll.

Check Also

Jelang Pemilukada 2018 Polres Kuningan Gelar Doa bersama

Kuningan, Ribuan warga serta tamu undangan tampak memadati halaman Mapolres Kuningan, kedatangan warga yang tergabung ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *