Jumat , Februari 23 2018
Home / Kuningan Headline / Bupati Tawarkan Solusi Penanganan Limbah Sapi Kel. Cipari

Bupati Tawarkan Solusi Penanganan Limbah Sapi Kel. Cipari

Bupati Kuningan menengahi persoalan limbah sapi dari kel. Cipari yang sebagian limbahnya berdampak ke kel. Winduherang, bertempat di kelurahan Cipari. Malam Jumat (2/2/2018). Dihadiri para peternak sapi, pengurus koperasi selaku mitra kerja peternak dan perwakilan dari kel. Winduherang.

“Nuhunkeun perhatosana supados limbah sapi nu sok dibuang ka walungan. Tidak terjadi lagi. Karena hal ini sangat berdampak tidak baik bagi masyarakat Winduherang. Semoga pertemuan ini akan melahirkan solusi. Terutama peternak yang membuang limbah ke sungai. Sehingga Winduherang tidak lagi menuntut” Dodoy selaku perwakilan Kel. Winduherang menjelaskan,

Menurut Lurah Cipari, Empi Adrapi, peternak sapi di Kelurahan Cipari berdasarkan data kurang lebih 1.778 ekor dengan peternak kurang lebih 400 orang.

Adanya dampak limbah sapi ini harus diberikan solusi dan penanganan serius dengan berbagai alternatif.

Sementara perwakilan dari peternak Yayat, harus ada penanganan saluran air yang ke Winduherang dari dampak limbah sapi. Bupati Kuningan mengatakan, Alhamdulillah malam ini kita bisa duduk satu meja, satu ruangan untuk membahas terkait dengan mencari solusi pemecahan masalah yang kita hadapi.

Adapun alternatif solusi yang Bupati tawarkan diantaranya, kotoran sapi dimasukan ke karung dari kandang-kandang untuk di simpan dulu. Ini solusi yang paling cepet. Nanti disiapkan mobil. Sambil jalan akan disediakan tanah untuk penampungan sementara.

Kalau lahan sudah ada Bupati menghimbau, dimohon para peternak akan kesadarannya untuk dimasukan ke karung. Tentunya dengan karung dari peternak.

Bupati meminta komitmenya dari masyarakat peternak untuk mulai besok limbah kotoran sapi dimasukan ke karung.

“Beri juga waktu untuk mencari lahan untuk penampungan kotoran limbah sapi yang dihasilkan sekitar 10 tonan/sehari ini,”harapnya.

Bupati juga menawarkan dari investor untuk merelokasi yang ditempatkan disatu tempat dengan disediakan kandang. Dalam hal ini pihak kami akan membantu uang muka. Silahkan untuk dipikirkan kembali.

Dari kesimpulan pertemuan diungkapkan Staf Ahli Dody, mulai besok kotoran sapi untuk dimasukan karung. (Bp)

Check Also

Usai Sholat Jumat, Acep Purnama Sempatkan Makan Baso Bersama Warga

Kuninganasri.com-Sudah menjadi kebiasaan Acep Purnama, SH, MH yang selalu melakukan Sholat Jumat bersama warga desa ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *