Jumat , Februari 23 2018
Home / Kuningan Headline / Lestarikan Budaya Lewat Slalom Delman

Lestarikan Budaya Lewat Slalom Delman

Kuninganasri.com-Berbagai cara dilakukan dalam upaya melestarikan budaya, organisasi mahasiswa Keluarga Mahasiswa Kuningan bersama para kusir delman menggelar Festival dan Lomba Slalom Delman di Kompleks Pandapa Paramartha Stadion Wisnusaputra Kuningan, Sabtu (03/02/2018).

Sejak pagi hari, puluhan delman dengan hiasan khas mereka, sudah berjajar di sebelah utara lapangan Pandapa. Bahkan, di antara mereka membawa serta keluarganya, untuk sekedar hiburan dan refreshing.

Saat pembukaan acara Festival Delman, Ketua Umum KMK Universitas Islam SGD Bandung, Aris Heryana menjelaskan bahwa kegiatan tersebut timbul dari niatan untuk melestarikan budaya leluhur Kuningan.

” Delman sebagai maskot Kabupaten Kuningan sudah dikenal di berbagai daerah. Adanya ungkapan Kecil-kecil kuda kuningan, menunjukkan bahwa Kuda di Kuningan memang sudah ada sejarahnya dan menjadi ikon Kuningan, ini perlu dilestarikan, ” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH, mengaku sangat mengapresiasi festival yang dilaksanakan para mahasiswa tersebut.

” Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah peduli pada pelestarian budaya, khususnya delman di Kuningan. Festival ini, semoga bisa mewarnai khasanah pariwisata di Kuningan, ” kata Acep.

Pihaknya juga memaknai idiom “Kecil-kecil Kuda Kuningan” sebagai pertanda bahwa warga Kuningan di manapun berada, ternyata bisa membawa nama harum daerah dengan kemampuan, ilmu pengetahuan dan berbagai inovasi mereka.

Kegiatan festival tersebut dibuka bupati dengan pelepasan iring-iringan delman yang memutar di ruas Jalan Siliwangi menuju Jalan Aruji Kartawinata dan Finish kembali di belakang Stadion Mashud Wisnusaputra.

Lebih meriah, tatkala puluhan delman tersebut melakukan slalom di area yang telah dipersiapkan oleh panitia. Nampak, para kusir delman yang tergabung dalam Persatuan Delman (Perdokar) Kuningan, mempertunjukkan kepiawaian mereka dalam mengendalikan kuda di sirkuit slalom yang lumayan menantang.

Check Also

Usai Sholat Jumat, Acep Purnama Sempatkan Makan Baso Bersama Warga

Kuninganasri.com-Sudah menjadi kebiasaan Acep Purnama, SH, MH yang selalu melakukan Sholat Jumat bersama warga desa ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *