Daarul Mukhlishin, Kedamaian dari Ketinggian

Daarul Mukhlishin, Kedamaian dari Ketinggian

Kuningan.- Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Ia memiliki hubungan fungsional simbiotik dengan ajaran Islam. Yaitu, dari satu sisi keberadaan pesantren diwarnai oleh corak dan dinamika ajaran Islam yang dianut oleh para pendiri dan kiyai pesantren yang mengasuhnya; sedangkan pada sisi lain, ia menjadi jembatan utama (main bridger) bagi proses internalisasi dan transmisi ajaran Islam kepada masyarakat. 

Salah satu Pondok Pesantren di Kuningan adalah Daarul Mukhlishin, Pondok Pesantren Daarul Mukhlishin terletak di Dusun. Malaraman RT/RW; 010/009 Cisantana Cigugur Kuningan Jabar. Anda pernah ke Bumi Perkemahan Palutungan atau Curug Putri, Palutungan & Curug Putri adalah salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuningan.

Palutungan & Curug Putri merupakan sebuah kawasan hutan dan air terjun yang terletak di kaki gunung Ceremai tepatnya di Kecamatan Cigugur, berjarak ±10 km dari pusat kota Kuningan.Jika Anda pernah ke sana, maka pastinya akan melewati Pondok Pesantren Daaru-l-Mukhlishin yang letaknya + 2 km sebelum Bumi Perkemahan Palutungan. Mungkin pemikiran Anda sama seperti Penulis, ketika hanya lewat dan belum ‘mampir’ untuk masuk ke area Pondok Pesantren Daaru-l-Mukhlishin Palutungan. Kalau dari jalan raya hanya akan terlihat sebuah Pesantren dengan bangunan sekolah dan masjid, tidak ada yang terlihat istimewa disana.Ternyata kalau kita masuk ke dalamnya, Pondok Pesantren Daaru-l-Mukhlishin Palutungan adalah sebuah tempat yang luar biasa, keindahan dan kedamaian akan terasa menyatu di dalamnya.

Menurut Pengasuh Pondok, KH Yayat Hidayat, M.Pd, Daarul Mukhlishin bernaung di bawah Yayasan Islam Ta’limiyah Al-Ikhlash dengan Visi Menjadi Pusat Pendidikan Generasi Muda Islam dan Pengkajian Ilmu-Ilmu Keislaman”Sesua Misi Pondok Pesantren, Daarul Mukhlishin didirikin untuk mengeman misi Dakwah Islamiyah,Membangun masyarakat melalui pendidikan Pesantren,Membangun mental generasi muda muslim dengan bekal pengetahuan dasar agama Islam dan pengetahuan umum lainnya yang dibutuhkan dalam pengembangan dirinya di masyarakat” Lanjut Pria yang akrab dipanggil Yai ini

Dari dulu hingga saat ini pesantren tetap eksis dan memainkan perannya yang semakin besar dalam kehidupan   masyarakat   Indonesia   yang   beragama   Islam.   Melalui tradisinya yang unik dan berbasis pada nilai relegiuitas ajaran Islam, serta kiprah para lulusannya yang tampil sebagai tokoh nasional yang kharismatik dan kredibel, pesantren semakin dihormati dan diperhitungkan, dan karenanya ia telah diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan nasional, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

“Melalui pesantrenlah agama Islam menjadi membumi dan mewarnai seluruh aspek kehidupan masyarakat: sosial, keagamaan, hukum, politik, pendidikan, lingkungan, dan lain sebagainya.

” Yai menjelaskanPondok Pesantren Daarul Mukhlishin yang terletak di ketinggian sekitar 1100 Mdpl ini, jumlah santrinya dari tahun ke tahun terus bertambah. Santri berasal dari Kuningan dan beberapa kota di sekitar Kuningan.”Lulusan dari Pondok Pesantren Ijazahnya diakui dan bisa untuk melanjutkan kuliah ke Sekolah Tinggi atau Universitas” Pungkas Yai. (Beng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *