Silase, Solusi Pakan Ternak Berkualitas

Silase, Solusi Pakan Ternak Berkualitas

Kuningan,- Musim kemarau yang panjang tentu berakibat signifikan terhadap ketersediaan pakan ternak hijauan. Jika pasokan pakan jumlahnya menyusut, bahkan sangat sulit didapat, maka hal itu bisa mengancam keberlangsungan perternakan rakyat ataupun peternakan industri.

Nah, untuk mengatasi persoalan tersebut, salah satu solusi yang bisa ditempuh ialah penggunaan silase dalam pengolahan pakan untuk ternak ruminansia. Silase merupakan makanan ternak yang memiliki kadar air tinggi, diolah melalui proses fermentasi dengan bantuan jasad renik.

Hal ini disampaikan Sulistio pemilik Industri Pertanian Alamiah Cilaja (IPAC) saat melihat pembuatan silase dari tempat produksi di desa Nanggela yang selama ini rutin dibimbingnya.

“secara prinsip, pembuatan pakan ternak dalam bentuk silase seperti halnya proses fermentasi pada umumnya. Adapun bahan-bahan yang digunakan terdiri dari tiga kelompok atau komponen bahan, yakni kelompok bahan pakan hijauan yang menjadi bahan utama, kelompok bahan pakan konsentrat, dan kelompok bahan pakan aditif. Bahan pakan hijauan yang dimaksud dapat berupa bahan pakan dari hijauan makanan ternak, seperti rumput gajah, rumput kolonjono, tanaman jagung, dan rumput-rumput lainnya”  Ujar Tio

Menurut lelaki yang pernah menerima penghargaan sebagai pengembang pertanian dari DPD KNPI Kuningan ini,  limbah-limbah dari sisa panen seperti jerami padi dan jerami kedelai juga dapat digunakan. Bahan pakan tersebut sebagai sumber serat utama. Sementara itu kelompok bahan pakan konsentrat dapat berupa dedak padi atau bekatul, onggok dari ampas tapioka, jagung, ampas tahu, dan lain-lain.

“Pemberian silase pada hewan ternak dimaksudkan agar hijauan makanan yang didapatkan kualitasnya masih bagus serta tahan lama. Dengan demikian, pakan tersebut dapat diberikan pada ternak saat musim apapun, terutama ketika musim kemarau panjang atau musim paceklik. “

Jadi, bisa dikatakan selain sebagai pangan altematif saat kemarau, pembuatan silase juga bertujuan untuk menampung kelebihan produksi hijauan pakan ternak atau memanfaatkan hijauan pada saat pertumbuhan terbaik tetapi belum digunakan.

Sementara itu, Gondo Agustiono sang pemilik tempat produksi Silase mengaku bahwa pembuatan silase di tempatnya untuk memasok kebutuhan pakan beberapa Peternak.

“Bagi para pemilik sapi yang butuh silase, dapat hubungi kami dan kami siap untuk memasoknya” Pungkas Gondo. (Beng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *