Tips Sehat di Musim Penghujan Ala Teti

Tips Sehat di Musim Penghujan Ala Teti

KUNINGAN,- Musim penghujan telah tiba, berbagai penyakit telah mengintai di depan mata seperti malaria,demam berdarah, batuk pilek, yang menjadi ancaman di saat musim hujan tiba. Oleh karena ada baiknya kita menjaga kesehatan saat musim penghujan.

Pengelola Program Kesehatan Dinkes Kuningan Teti Suryati, Am.Keb,SKM, yang mengatakan tetap harus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama bagi ibu – ibu rumah tangga.

“bagi ibu rumah tangga tetap selalu menerapkan menjaga pola hidup sehat, menyiapkan makanan yang mengandung gizi seimbang, hindari makanan yang mengandung zat pengawet”jelas Teti.

Selain itu Teti menganjurkan untuk banyak mengkonsumsi meminum air putih, memakan sayur dan buah-buahan terutama yang mengandung oksidan tinggi dan vitamin C. Sebab di musim banyak orang yang merasa tidak haus saat musim dingin padahal dengan banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh itu membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sedangkan buah – buahan dan sayuran menambah daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang flu.

Selain dari pola makan yang sehat juga ibu rumah tangga pun memerlukan istirahat yang cukup dan menjaga kebersihan lingkungan yang sehat agar terhindar dari nyamuk malaria dan aedes agypti, yang ada dalam Gerakan Masyarakat Sehat, dengan 3M (Mengubur,Menutup dan Menguras) penampungan air.

“Jangan lupa juga untuk menerapkan 3M di lingkungan rumah juga, agar nyamuk tidak bersarang di sekitar rumah,”pesannya.

Di akhir wawancara Teti berpesan agar masyarakat tidak menggunakan pakaian yang masih lembab terutama pakaian dalam karena hal tersebut bisa mengandung jamur yang berpotensi menyebabkan penyakit kulit. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *