AWR Foundation Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Skema Pentahelix

AWR Foundation Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Skema Pentahelix

KUNINGAN,- Pemerintah telah menetapkan lima program prioritas nasional bidang perekonomian dengan tajuk Pertumbuhan Ekonomi yaitu : Pertama, adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM) sehingga pola kerja sama dengan talenta global, Kedua, pembangunan infrastruktur, yang akan menghubungkan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi, dan akses ke destinasi wisata. Proyek ini didukung dengan program Proyek Strategis Nasional (PSN), percepatan pengadaan tanah, dan kebijakan satu peta.
Selanjutnya tajuk yang Ketiga, yaitu menyederhanakan regulasi melalui penerbitan dua omnibus law yakni cipta lapangan kerja dan perpajakan diantaranya penerbitan UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM. Keempat, adalah penyederhanaan birokrasi melalui reformasi dan otomasi serta integrasi sistem layanan dengan dukungan program berupa ekosistem kemudahan berusaha, lektronifikasi keuangan daerah, dan sistem OSS (online singlesubmission) untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari cara tunai menjadi non tunai berbasis digital, dan yang Kelima, berkaitan dengan transformasi ekonomi agar Indonesia dapat melepaskan ketergantungan terhadap sumber daya alam, dan mengubahnya menjadi daya saing manufaktur serta jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi.
Dengan tujuan agar dapat mewujudkan program Pertumbuhan Ekonomi Indonesia yang inklusif, berkelanjutan, dan berdaya saing melalui Open Government Partnership dengan menggunakan skema Pentahelix, AWR (Akselerasi Warta Resolusi) Foundation didirikan.
Hal ini disampaikan CEO AWR, Ayuningtyas Widari Ramdhaniar,M.Kesos saat diwawancara FC. Menurut Tyas, AWR ingin melakukan percepatan akses informasi dalam mewujudkan setiap keinginan dari sebuah tujuan.
“Informasi merupakan hal yang mendasar dari semua tujuan yang ingin dicapai, cepat atau lambatnya sangat mempengaruhi seberapa cepat tujuan itu akan dicapai, karena zaman sekarang Speed is a new currency” Jelas Tyas
AWR Foundation didirikan sebagai upaya penyelarasan kembali seluruh perencanaan dan kegiatan agar berkualitas dan memenuhi azas Open Government yang professional dan sesuai peraturan perundang-undangan yang ada.
“ReThinkbyAWR sebagai consultant bagi Pemerintah Daerah dalam melakukan percepatan pembangunan di daerahnya baik itu Pariwisata, Akses, serta penguatan program dan pembaharuan program. Strategic partnership yang menggunakan sistem Open Government Partnership dengan skema Pentahelix [Pemerintah, Industri, Akademisi, Media Massa, & Komunitas]” Lanjut Tyas.
Untuk itu, Tyas menjelaskan Visi AWR adalah untuk menjadi organisasi terkemuka yang membawa perubahan positive pada pembuat kebijakan dan undang-undang  yang mendukung kesejahteraan rakyat. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *